[Trans] Lirik “A Song Without A Name Part 1” + Esai Yoochun

24 Jan

Pernahkah aku mengatakan hal ini?

Setelah masa training selama beberapa bulan pada tahun 2003, kami, satu tim, menyelesaikan tugas pertama kami dengan mudah.
Pada tahun 2004, kami telah menguasai industri musik, dengan hasil yang tak terhitung jumlahnya, tapi kami tidak merasa puas dengan hanya mendapatkan semua itu.
Kami tidak dapat mengendalikan diri kami sendiri dan mulai menginginkan lebih.

2005, kami mulai merambah ke pasar luar negeri, kami pikir semuanya akan berjalan mulus seperti di Korea.
Pada usaha pertama kami, kami mencapai hasil terburuk dan saat itulah kepercayaan diriku mulai turun.

Bahasa yang bahkan tidak bisa kami ucapkan
Setiap hari berada di apartemen atau kantor kami
Sebuah penjara yang mereka klaim bukan sebuah penjara, mengatakan itu demi kebaikan kami sendiri.

Kesendirian, air mata dan kemarahan yang tak ternilai jumlahnya
Inilah yang membuat kami bersatu
Mengatakan bahwa kami tidak bisa berpisah apa pun yang terjadi
Mengatakan bahwa kami harus selalu bersama
Mengatakan bahwa kami harus menerima hal yang baik dari masing-masing member
Kami mengatakan hal ini dalam hati kami dan terus berlari.

Suatu hari, kami akhirnya mencapai posisi teratas yang telah sangat kami inginkan
Masing-masing dari kami mengambil telepon dan menghubungi keluarga kami dan teman-teman.

Hari itu akhirnya tiba.
Sejak saat itu, semuanya berjalan begitu baik.

Memiliki rekor penjualan ratusan ribu, memenangkan penghargaan di luar sana dan memetik buah kerja kami.
Rasanya ketika kami menangis, air mata itu jatuh dengan lembut.

Alasan mengapa kami lebih bahagia daripada kegembiraan atau kesedihan
Kami, yang tidak pernah menyerah dan berlari sampai akhir
Alasan kami lebih kuat dari apa pun, karena kami adalah satu.

Kamu telah berubah. (Aku tidak bisa tinggal di tempat itu selamanya)
Aku akan menjadi yang pertama yang akan menghadapkan punggungku kepadamu. (Aku tidak bisa menangis selamanya)
Aku akan memanggil namamu, meskipun kamu terus berjalan begitu jauh (Aku terbang tinggi ke langit itu)

Kami telah berjalan selama beberapa waktu.
Ketika kami dikelilingi oleh dinding, yang tak terduga besarnya
Dan pikiran ‘Apakah itu akan selalu segelap ini’ telah tinggal di kepalaku dalam waktu yang lama.

Suatu hari, hal ini terjadi.
Dengan semakin berkembangnya biaya usaha, dan peningkatan hutang
Situasi menjadi sesuatu yang tidak bisa lagi ku tangani sendiri

CEO kami pernah mengatakan kepada kami
“Katakan setiap kali kamu membutuhkan sesuatu. Karena kita akan selalu menjadi keluarga satu sama lain. Katakan setiap kali kamu membutuhkan sesuatu.”
Mengingat kata-kata itu, aku mengambil keberanian untuk memanggilnya dan meminta sesuatu.

Meskipun aku punya perasaan aneh dalam diriku, dia adalah satu-satunya orang yang bisa ku andalkan saat itu
Karena kami adalah keluarga yang akan tinggal bersama-sama selamanya.

Meskipun aku membangun keberanian untuk meminta bantuan kepadanya, semua yang aku terima adalah penolakan dingin.
Kata-katanya membuatku sangat marah, tapi aku mengendalikan diriku dan memintanya sekali lagi untuk membantuku.

Dia menutup teleponku.

Aku tidak bisa menghentikan air mata yang mengalir di wajahku.
Aku tidak bisa berpikir jernih karena dia bukan keluarga yang selama ini aku percaya sampai saat itu.

Ketika dia membutuhkan kami, kami adalah keluarga baginya. Ketika kami membutuhkannya, kita adalah orang asing baginya.

Lebih banyak hal menakjubkan terjadi selama berjalannya waktu
Mendengar bahwa kami akhirnya mendapatkan sukses besar di luar negeri dan membawa hasil yang terbayangkan,
Aku melangkahkan kaki ke kantor di musim semi untuk menerima gajiku.

Kelima dari kami adalah saling memandang dengan tatapan senang.
Kami memuji satu sama lain pada seberapa keras kami telah bekerja.

Namun pernyataan di rekening yang kami terima mengatakan bahwa kami berada dalam defisit
Aku pikir aku melihat angka-angkanya yang salah, jadi aku periksa kembali
Semuanya terdaftar di bawah biaya yang seharusnya kuterima
Sialan, bagaimana bisa semua uang terpakai untuk pembayaran biaya?
Apa jenis beban yang ada di sana untuk membuat uang sebanyak itu hilang?

Aku tidak mempercayai mataku sendiri, jadi aku meminta mereka untuk menunjukkan laporan rinci rekening yang belum pernah aku lihat sebelumnya.
Mereka memberitahu bahwa mereka akan menunjukkannya kepadaku, tapi akhirnya aku tidak pernah melihat beberapa lembar kertas itu karena semua yang aku lakukan adalah bekerja.

Jumlah pertanyaan yang telah tumbuh dipikiranku semakin banyak seiring waktu berlalu.
Sakit kepala makin sering tumbuh terutama saat para member berkumpul dan berpikir tentang hal itu.

Jika aku mengatakan satu hal terakhir,
Apakah hal yang kami lakukan selama ini adalah untuk perusahaan?
Benarkah semua itu adalah hanya untuk perusahaan?

Tentu, katakanlah itu mereka. Kami, dengan jiwa seperti ini, akan membiarkan hal-hal itu berlalu.
Kami akan melupakan masalah itu, demi perusahaan, dan juga demi kami, yang telah bersama-sama selama bertahun-tahun.
Tapi itu tidak benar, semua itu bukan hal yang seharusnya mereka katakan kepada kami.

Apakah kamu serius berencana mengecewakan kami sampai akhir?
Ketika kamu menelepon, semua yang kamu lakukan adalah berbicara tentang kami yang harus saling mendorong satu sama lain, ini sangat sulit untuk mempercayaimu.

Ini persis seperti apa kata-kata senior kami. “Apakah kamu tetap ingin menjaga orang-orang yang telah menghasilkan uang untukmu?”
Seorang senior mengatakan kepadaku bahwa perusahaan selalu berbicara tentang kesulitan yang akan kami alami jika kami meninggalkan perusahaan
Kata-kata itu menolak untuk meninggalkan pikiranku.

Meskipun aku punya begitu banyak lagi yang ingin ku katakan,
Aku tidak bisa karena aku merasa sangat frustrasi saat berpikir bahwa seseorang akan lebih menyiksa kami ketika lagu ini dirilis.

Baiklah, meskipun kehidupan yang keras, kami akan bekerja keras dan melakukan semuanya dengan baik.
Kami berusaha untuk benar-benar tersenyum meskipun kami terus disiksa oleh seseorang.

Usaha dari kami ini bukanlah usaha belaka.
Ini adalah usaha yang didorong oleh pikiran kami sendiri
Bahwa kami ingin mati dengan tidak ada penyesalan ketika kami meninggalkan bumi ini.

-Komentar oleh Yoochun-

Ya, pada akhirnya, itu JYJ.

Kemarin dan besok, meskipun aku sudah memikirkannya sepanjang hari
Aku benar-benar bisa merasakan perbedaan antara dulu dan sekarang di usiaku yang ke-25.

Sekarang aku akan meletakkan pena ini turun.
Tapi hatiku merasa tenang sekarang.

Karena aku bisa merasakan cinta dari fans kami..
Aku sedang berpikir untuk berbagi beban yang telah tersimpan dalam hatiku selama ini.
Meskipun tidak ada yang pernah mudah, hatiku tenang.
Aku senang karena kami memiliki fans yang menjadi keluarga kami,
Aku selalu memikirkan kalian semua…
Aku mencintaimu..

Jadi bisakah kalian percaya pada kami sampai akhir?
Bisakah kalian memberitahu kami bahwa kalian mencintai kami?
Kami akan bekerja keras selamanya, sehingga kalian bisa tetap disisi kami.

Karena kami masih memiliki kalian
Dan kalian masih memiliki kami..

Aku berjanji, aku akan menunjukkan semuanya pada akhirnya.
Ya, kami JYJ.

“Kau telah mengangkat dinding istana dan dengan tegas menutup pintu
Mereka mengatakan cinta itu tidaklah sebuah penjara
Cinta membiarkan pergi untuk terbang bebas
Tapi aku tidak berharap banyak
Demi kita, yang telah kau buat, bahkan tidak layak untuk mendapatkan setengah dari itu.
Kita tidak lain hanyalah katak kekal yang tinggal di sebuah sumur.”
(Kutipan dari musikal ‘Mozart!’)

Meskipun aku masih memiliki begitu banyak yang ingin ku katakan,
Aku akan mengakhirinya di sini.

Source: [DC Gall]
Translation credits: jeeelim5@tohosomnia.net
Shared by: tohosomnia.net
Indo-trans: pinkrazy.wordpress.com

Aduh, ceritanya bikin nangis ;__;
Yoochun oppa bener-bener jujur banget disini.. T.T

21 Responses to “[Trans] Lirik “A Song Without A Name Part 1” + Esai Yoochun”

  1. dbsk mania January 24, 2011 at 12:20 am #

    T.T

  2. jecs_fighting January 24, 2011 at 1:13 am #

    Gw g tau penderitaan mrk separah itu, mereka masih muda, tp kehidupan mrk begitu pelik..

    Tapi JYJ, u are DAEBAk, GREAT, so BRAVE… I proud w U

    Jadi bisakah kalian percaya pada kami sampai akhir?
    -ya, kami percaya.. Kalian sangat mencintai musik, dan musik yg menyentuh spt ini tak akan berbohong

    Bisakah kalian memberitahu kami bahwa kalian mencintai kami?
    -always love u chunnie, jj, junsu..

    Thanks admin, dah ngeshare

  3. shandya January 24, 2011 at 7:34 am #

    God T_T

  4. Hikari_Ishida January 24, 2011 at 8:13 am #

    Duh…diaryx Yoochun bgt nh,,smw perasaan sedih,takut,kecewa tumpah d situ…
    Mksh y chun kmu msh mkirin qt sbg fans sejati kalian…
    We always support whatever you do…:)

  5. dhil January 24, 2011 at 8:29 am #

    ”Namun pernyataan di rekening yang kami
    terima mengatakan bahwa kami berada
    dalam defisit
    Aku pikir aku melihat angka-angkanya
    yang salah, jadi aku periksa kembali
    Semuanya terdaftar di bawah biaya yang
    seharusnya kuterima

    Sialan, bagaimana bisa semua uang
    terpakai untuk pembayaran biaya?
    Apa jenis beban yang ada di sana untuk
    membuat uang sebanyak itu hilang?
    Aku tidak mempercayai mataku sendiri,
    jadi aku meminta mereka untuk
    menunjukkan laporan rinci rekening yang
    belum pernah aku lihat sebelumnya.
    Mereka memberitahu bahwa mereka akan
    menunjukkannya kepadaku, tapi akhirnya
    aku tidak pernah melihat beberapa lembar
    kertas itu karena semua yang aku lakukan
    adalah bekerja.”

    WHAT THIS SM?????

    Apakah mrk yg membayar smua keperluan, tp tdk digaji??

    Thn 2009 dbsk adlh artis yg mempunya PENGHASILAN TERBANYAK se kOREA no 1 di atas RAIN, dan PENGHASILAN NO2 TERBANYAk di JEPANG stlh arashi..
    Seharusnya mrk udh jd MILYADER…

    Stupit SM, lo makan sendiri uang mrk tuk bangun istana lo dan membesarkan idol2 makermoney baru, tp g membayar mrk??

    KARMA, KARMA pasti berlaku

  6. nini January 24, 2011 at 8:55 am #

    astaga gw gx tahan ma ma kta2 uchun, mrk bgtu skit lbh skit dr sayatan pisau pd kulit.

    jd gw benci jka da org yg dgn snangya nghancurin n ngejudge mrka dgn kta2 yg menji2kn, aq hrap sesuai permintaan uchun smua cassie tetplah brada dsamping mrk AKTF!!

  7. NhaacassieVIP January 24, 2011 at 9:22 am #

    I Love U yoochun hyung 🙂 .

  8. die jj January 24, 2011 at 10:56 am #

    TT.TT
    mewek bner nih bca na
    nih bru chunie, blom junpa, jaepa. oh tidak….
    pnderiataan x-an, sungguh sangt menyakitkan x-an

    oppa saranghe… x-an msih berthan hnya u kami cassie…
    oppa, cinta cassie hnya untuk JYJ + HOMIN = TVXQ

    SARANGHANDA OPPA!!!

  9. Eun Joon January 24, 2011 at 11:06 am #

    Kita, cassiopeia, akan tetap ada untuk menguatkan mereka. . .

  10. Eikaru January 24, 2011 at 11:40 am #

    Apapun yang terjadi, kami Cassiopeia akan selalu ada disamping mereka. Kapan pun dan apapun yang terjadi. DBSK Fighting!! Always Keep The Faith!!

  11. sandsarang January 24, 2011 at 3:51 pm #

    yaampun yoochun! 😥
    dbsk kasian bangett hwhwhwhw
    aku yakin yunho and changmin masih tertekan tp mrk brusaha buat tersenyum untuk cassie!

  12. cassiely54dbsk January 24, 2011 at 4:05 pm #

    Chuuuun T.T
    aq yakin,kalian br5 akan ttap brada dihati yg terdalam cassiopeia,,,

  13. blackrosegirl January 24, 2011 at 6:28 pm #

    Sedih bgt liat cassie pecah jd 3 n saling mencaci satu sama lain.Ada yg dukung JYJ, ada yg dukung HoMin,tp gw lbh memilih bwt dukung mrk br5.Cassie adl gugus bintang yg jmlh bintangny ada 5.Klo cuma mihak salah satu (JYJ doank or HoMin doank) apa msh bisa disebut cassie ? why not to be a true cassie 4ever.*Let’s AKTF eternally cassies*(1 thing we know : DBSK is not 2 or 3 but 4ever 5)

  14. irxiahni January 24, 2011 at 8:00 pm #

    waaaaa pengen nangis…

  15. seizha January 24, 2011 at 9:22 pm #

    sakitttt bgt bacanya,,,,,
    Separah itukah luka mereka!???
    Kita g pnh tau,,,
    Tapi yg pasti,,,mrk bnr2 trtkan dg smua ini,,,
    jejung,junsu,yoochun,,,kami cassie bersma homin akan slalu ad u/ mu…:)

  16. suci annisa cassiopeia January 24, 2011 at 9:45 pm #

    Chunnie ku yg berhati lembut akhirnya menumpahkan semua isi hatinya,, nangis aku bacanya T_T
    aku suka dgn kejujuranmu chun,, setidaknya kamu udah membagi sedikit kesusahanmu pada kami para cassie,, dan kami akan selalu mendukungmu apapun yg terjadi,,

  17. kikisq January 25, 2011 at 12:41 pm #

    kekeke
    mereka bicara melalui musik…

  18. jecs_proud January 25, 2011 at 4:48 pm #

    music is the best
    🙂

  19. diny January 25, 2011 at 11:19 pm #

    youchun begitu jujur mengungkapkan perasaannya,kasihan mereka,aku berharap album baru mereka terkenal,aku pastinya akan membelinya

  20. Jicy_ran February 6, 2011 at 2:34 am #

    gila.. uangnya dikemanain??? 😡
    stres…
    emangnya Yoochun dkk gak punya kluarga yang harus dikasih makan juga apa? -.-a
    defisitnya itu loohhhh…
    kalo pas, masih mending… dan yang harusnya surplus, jadi defisit.. =.=”

  21. Shamusuki October 13, 2012 at 1:12 pm #

    I will always support they five..
    Oppadeul- Fighting

Leave a comment